Selasa, 29 November 2011

Tour de' Batavia with busway

hallo sob... kali ini gw mau sharing rute - rute busway yang biasanya gw pake kalo lagi JJJ alias jalan - jalan jakarta atau kerennya Tour de' Batavia. kali aja sobat - sobat mau keliling jakarta juga tapi bingung transportasinya...

Biasanya rute yang gw naikin adalah di mulai dari halte busway Taman Anggrek ( karena dari Tangerang naik P104 jurusan grogol ) di halte ini dilewati oleh beberapa koridor, cmn gw saranin kalo kalian pada mau JJJ, pilih aja koridor 9 ( bus warna merah kuning mesin hyundai atau gandeng ). koridor ini melayani rute plui - pinang ranti. dikoridor ini ada beberapa halte yg bisa dipakai untuk pindah koridor dia antaranya halte grogol, semanggi, kuningan, dan UKI

nah nanti, untuk JJJ, gw saranin kalian pada turun di halte busway kuningan aja karena dsna ada banyak opsi antara kalian lanjutin JJJ ini atau bisa juga rekreasi ke kb. binatanag ragunan



selama perjalanan dari taman anggrek ke kuningan, kalian akan melewati Rumah sakit harapan kita, dharmais, PN jakbar, Slipi jaya, Slipi bawah, Senayan, balai sarbini, Plaza Semanggi, balai kartika.

turun di Halte kuningan 2. untuk lanjutin perjalanan, jangan keluar halte, tapi ikutin petunjuk jalan buat sampai ke halte seberang yaitu halte Kuningan 1. dari halte ini kalian bisa naik busway koridor Ragunan - Dk. Atas.
cuman perlu di ingat, karena koridor ini slah satu rute wisata dan kantoran, jadi bisa di pastikan akan padat, so harap bersabar sebentar, demi kelancaran bersama.

naik bis warna Abu-abu mesin daewoo menuju dk. atas. selama diperjalanan, kalian akan ngelewatin pusat perkantoran kuningan, beberapa kementrian, universitas bakri.
sampai di dk. atas, lagi - lagi.. jangan keluar halte. tetep disitu aja, tunggu busway jurusan Pulo gadung datang..

setelah kalian naik busway tujuan pl. gadung, nanti turun aja di halte matraman 2. disana ada beberapa opsi untuk kalian. pertama lanjut JJJ atau ke tempat rekreasi Ancol. selama perjalanan dari dk. atas samapai matraman, kalian akan melewati Manggari, Pasaraya.

perjalanan ke matrama ga makan waktu lama, setelah turun di halte matraman 2, ikutin petunjuk jalan di halte untuk pindah ke halte matraman 1.

disana, kalian tunggu busway jurusan Kp. Melayu - ancol. busway warna silver mesin hyundai atau gandeng.
dari sini, kalian nanti turun di halte busway Senen, itu salah satu ahlte besar, dilewati 4 koridor, jadi banyak pilihan selanjutnya untuk ngelanjutin perjalanan.

selama dari matraman sampai ke Senen, kalian akan ngelewati kampus UI salemba.

setelah sampai ke Halte Senen, lagi, kalian harus ikutin petunjuk jalan untuk samapi ke halte sebrang, tempat pindah koridor. di halte ini, kalian bisa pilih koridor 2,3,4.
kalo saran sy, untuk JJJ ini, naik aja yg koridor 2, karena kita mau turun di Harmoni.
busway warna biru mesin Daewoo





dari sini untuk menuju Harmoni cukup lama waktunya, so' kalau kalian dapat tempat duduk, just relax...
selama perjalanan dari senen ke Harmoni, kalian akan ngelewatin Atrium senen, Kemenkominfo, RSPAD Gatot Subroto, Hotel Borobudur, St. Gambir, Monas, Istiqlal, St. Juanda, Katedral.

Turun di harmoni. Dari sini kalian punya banyak pilihan buat lanjutin perjalanan. tapi untuk JJJ kali ini, gw rasa ga lengkap kalo nyicipin rasa busway koridor 1 yg masih pake Solar dan Manual Transmision, hitung - hitung nostalgia kan...

langsung aja ke pintu yang ada petunjuk Blok M. kita akan naik koridor 1 yang ke arah blok M, karena kalu ke Kota, kita udh ga bisa lagi pindah - pindah koridor busway.

agak lama memang nunggunya, karena harmoni ini adalah halte pusat, maka penumpangnya pun bejubel.. kalo kalian ga kuat ngantri dan panas, gw saranin, jangan sentuh ini halte. masih banyak cara buat JJJ tanpa sentuh ini halte, insya allah kapan - kapan gw share...

setelah naik busway koridor satu, nanti kalian turun di halte semanggi aja buat JJJ kali ini...
selama perjalanan dari Harmoni ke Semanggi, kalain akan lewatin pusat kota jakarta. mulai dari Monas, sarinah, Bunderan HI.

sampai di Halte semanggi... untuk pindah ke koridor busway lain, kalian harus agak jogging sedikit, karena jarak pindah haltenya cukup jauh dan menanjak..
tapi gpp, biasanya adem ko, karena banyak pohon.
nah kenapa kita kesini, karena destinasi kita terakhir pada JJJ kali ini adalah, ke Halte Busway paling timur, supaya hatam JJJ nya dari Jakbar, Jaksel, Jakpus, Jaktim... ( insya allah di next post sampe ke Jakut deh.. )

naik lagi busway koridor 9. cmn ingat, jangan naik yang gandeng, tapi yg single aja. karena yg gandeng ga sampe Pinang Ranti tapi cmn sampe PGC.

naik bus koridor 9. kalau kalian dapet tempat duduk, santai aja, akrena perjalanannya lama ko..
gw saranin pilih di depan buat liat pemandangan atau di paling belakang sekalian ( diatas mesin ) karena disana empuk banget. enak ky main enjot - enjotan...hahaha

selama perjalanan ini, kalian akan ngelewatin pancoran, cawang, UKI, lalu ini busway akan masuk tol jagorawi. dan akhirnya keluar di pintu tol Pd. gede. dsni kalian akan melewati halte Taman mini garuda. kalian bisa turun disini kalau mau ke TMII dengan naik angkot warna merah 1 kali ( mungkin bayar aja 2rb perak )

setelah Halte Taman Mini Garuda tadi, bis langsung menuju terminal Pinang ranti.. dan selesailah perjalanan kita kali ini...

Untuk pulang ke tangeran lagi, gw biasa balik dengan busway koridor 9 lagi, dan turun di grogol. lalu nyebrang ke terminal dan naik P104. turun deh di perum...

oke, itu aja dulu yang biasa gw share.. samapi jumpa di post gw selanjutnya...
enjoy sob...!

1 komentar:

  1. Kalau dari halte busway Blok M mau ke halte UI Salemba (Kampus UI Salemba) gimana ya rutenya??? Thanks.

    BalasHapus